June 23, 2017

REVIEW : TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT


“It has been said throughout the ages, that there can be no victory, without sacrifice.” 

Ladies and gentleman, Transformers is back. 

Berkaca pada kualitas dari Transformers: Age of Extinction yang letoy, banyak pihak – terutama mereka yang bukan berasal dari kalangan penggemar – bertanya-tanya, “kenapa sih Michael Bay tidak berkenan membiarkan franchise Transformers beristirahat dengan tenang? Apa lagi sih yang hendak dikulik lewat pertempuran antar robot yang plotnya begitu-begitu saja?.” Well, sekalipun kritikus kerap mencibirnya sinis dan Bay seolah telah mengendur semangatnya dalam menggarap instalmen keempat, pihak studio tentu tak akan secara sukarela memberhentikan franchise tarung robot yang didasarkan pada produk mainan ciptaan Hasbro ini terlebih saat masih sanggup mengumpulkan miliaran dollar dari peredaran di seluruh dunia. Hey, bagaimanapun juga ini adalah bisnis sehingga ketika uang masih mengalir deras ke brankas, kenapa mesti berhenti? Dilandasi alasan “money talks” – yang secara implisit bermakna, banyak khalayak ramai yang tetap menginginkan Transformers berlanjut – dikreasilah jilid kelima oleh Paramount Pictures yang diberi subjudul The Last Knight. Konon kabarnya, The Last Knight akan menjadi salam perpisahan bagi Michael Bay kepada anak asuhnya ini. Jikalau benar demikian, maka The Last Knight merupakan salam perpisahan yang layak dari Bay untuk Transformers

Apakah Optimus Prime (Peter Cullen) adalah salah satu karakter favoritmu dalam franchise Transformers? Apabila jawabanmu ya, bersiaplah untuk sedikit menelan kekecewaan karena dia tak memperoleh banyak jatah tampil di The Last Knight. Pemicunya, perjalanan menjumpai Sang Pencipta ke Cybertron. Ketidakhadiran pemimpin Autobots di muka bumi berdampak pada kekacauan besar-besaran sehingga sejumlah pemerintah pun memutuskan untuk membentuk Transformers Reaction Force (TRF) untuk menghancurkan para Transformers tak peduli di faksi mana mereka berpihak. Hanya jagoan kita, Cade Yeager (Mark Wahlberg), yang masih menaruh kepercayaan pada para robot dan keputusannya tersebut harus dibayar mahal dengan menjadi buron pemerintah yang memaksanya untuk bersembunyi dari peradaban dunia. Keberadaan Yeager sendiri lantas terendus usai TRF bekerja sama dengan Decepticon untuk melacak Yeager beserta keluarga Autobots-nya. Dalam upayanya melarikan diri, Yeager memperoleh bantuan dari robot C-3PO kw, Cogman (Jim Carter), yang mengabdi pada seorang kaya ahli sejarah yang mengenal amat baik sejarah Transformers, Sir Edmund Burton (Anthony Hopkins). Menurut Burton, bumi tengah berada di ambang kehancuran akibat rencana busuk Cybertron dan disamping Optimus Prime, Yeager dan seorang profesor di Universitas Oxford bernama Viviane (Laura Haddock) merupakan harapan terbaik yang dimiliki bumi saat ini.


Dibandingkan Age of Extinction yang bagi saya secara personal adalah jilid terlemah dalam rangkaian film Transformers – dan sungguh teramat ‘zzz’ sampai-sampai ingin bobo di dalam bioskop – The Last Knight bisa dikata sebentuk peningkatan. Tentu saja Transformers adalah Transformers, jadi jika kamu memang tidak pernah benar-benar menyukainya sedari awal, atau malah justru membencinya, ini tidak berarti banyak. Peningkatan yang bisa dijumpai di The Last Knight adalah munculnya kembali sisi excitement yang sempat menguap di jilid sebelumnya. Untuk menjumpainya pun sebetulnya tidak mudah karena penonton mesti bertahan dibawah deraan satu jam pertama yang bisa dikata menjemukan pula bertele-tele. Adegan pembukanya memang seketika bang bang boom dengan latar menggugah selera pada zaman kegelapan Inggris dimana para Transformer rupa-rupanya telah mendarat di bumi dan mempunyai andil dalam berjayanya Raja Arthur, namun begitu film beralih ke era sekarang lalu guliran pengisahan berkutat pada relasi Yeager dengan remaja yatim piatu usia belasan, Izabella (Isabela Moner), daya cengkramnya merosot cukup drastis. Sarat akan obrolan-obrolan tidak terlalu enak buat dinikmati, sesak akan lontaran-lontaran humor yang kering, dan gelaran laganya pun direduksi. Damn. Andaikata Michael Bay memadatkannya, toh Izabella tak juga punya kontribusi penting pada penceritaan ke depan, The Last Knight bakal terasa lebih nyaman buat dinikmati. 

Terbukti semenjak kita mengucap ‘adios!’ pada Izabella dan diterbangkan ke Inggris, film mulai menggeliat. Selain film akhirnya memasuki inti penceritaan usai sebelumnya melulu berbasa-basi basi, pemicu lainnya yakni pemandangan indah Inggris (!) serta performa penuh suka cita dari Anthony Hopkins. Terbekatilah Bay beserta seluruh jajaran tim Transformers karena berhasil merekrut Hopkins yang menyuntikkan banyak sekali energi ke dalam The Last Knight dengan comic timing-nya yang jempolan. Interaksinya bersama Cogman menghadirkan derai tawa yang tulus dengan momen paling berkesan yang melibatkan keduanya adalah ketika Cogman memberi iringan musik drastis di tengah-tengah obrolan serius antara Yeager, Burton, dan Viviane. Lucu sekali. Performa enerjik Hopkins nyatanya turut berimbas ke Mark Wahlberg yang sekali ini membuat sosok Yeager tampak lebih berkarisma sebagai lead dan Megan Fox kw, maksud saya Laura Haddock, yang kehadirannya lebih dari sekadar pemanis maupun damsel in distress. Keduanya menampilkan chemistry dalam tataran bisa diterima sehingga alih-alih berharap mereka diinjak Decepticon, kita berharap mereka dapat menuntaskan misi menyelamatkan bumi secara sempurna dalam klimaks yang dihamparkan mengasyikkan serta gegap gempita oleh Michael Bay. Sebuah klimaks yang sedikit banyak membantu memosisikan The Last Knight sebagai sebuah spektakel menghibur, seru, dan lucu. 

Note : 1. The Last Knight memiliki sebuah adegan tambahan yang terletak di sela-sela bergulirnya credit scene. Tidak butuh waktu lama untuk menantinya.
2. Jika di kotamu menyediakan The Last Knight dalam format 3D, IMAX 3D, atau SphereX 3D, jangan ragu untuk memilihnya. Kualitas 3D-nya terbaik. 

Exceeds Expectations (3,5/5)


8 comments:

  1. Ini kalo buat yg belum nonton film sebelumnya bakal nyambung gak nonton nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakal nyambung kok. Aku saja sebenernya udah lupa dengan plot film sebelumnya :)))

      Delete
  2. Jujur gw kecewa kali ini. Michael bay meramukan terlalu alot. Pusing liatnyaa. Bad kali ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah ngerasa ini lebih mendingan daripada Age of Extinction :((

      Delete
  3. Kali ini gak setuju ini..jiid ke 5 menurut saya palibg g enak untuk diikuti..cerita yg g jelas arahnya kmn..editing yg sangat cepat apalagi adegan pembukanya yg g jelas banget..laga nya jg jauh menurun dr yg ke 4

    Tp mauu ntn lagi sik versi imax 3dnya..penasaran yg katanya di syuting 98 persen pke kamera imax..thxx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percayalah, setuju atau tidak setuju saat ngobrolin Transformers itu sangatlah wajar. Selain jilid pertama, film-film Transformers kan emang divisive. Ada yang bilang jilid keempat kemarin wow sekali, tapi nggak sedikit juga yang menyebutnya sebagai yang terburuk (seperti saya). Ini juga berlaku di seri kedua, ketiga, dan kelima ini. Rentang nilai dari rekan-rekan sesama movie blogger di Indonesia saja amat luas dan beragam. Hahaha. Meski tidak suka, tetap mengakui visualnya dahsyat kan?

      Delete
  4. Sedikit aneh di film ini, mungkin di film sebelumnya kemunculan dinobots masih dikatakan wajar karena alien datang saat zaman prasejarah, tapi saat alien dari cybertron datang saat zaman dark england untuk bantuin king arthur dkk serta World War 1, they really ruin the mankind history, plotnya agak boring sempet 2 kali ketiduran saat bagian2 awal film dan the most damn thing the supervillains dead only like that? Really??? Terlepas dari itu setuju sama bang cinetariz untuk chemistry pemainnya dapet dan gereget kecuali anak kecil perempuan yang annoying itu :) just a little review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya sudah ikut ngebagi kesan-kesannya soal film ini :)
      Dan aku setuju sekali denganmu soal si anak kecil. Semestinya bisa lebih dipadatkan filmnya dengan meniadakan sosok Izabella dan langsung fokus ke Viviane dan Burton.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch